Sejarah

1958 – 2008 SMA BUDI MULIA

SMA RK Budi Mulia berdiri tahun 1958. Mula-mula bernama SMA SETIA. Tahun 1959 SMA SETIA diserahkan Keuskupan Agung Medan kepada Kongregasi Bruder Budi Mulia. Maka namanya menjadi SMA RK Budi Mulia. Sejak saat itu, SMA ini menjadi bagian dari karya perutusan Kongregasi Bruder Budi Mulia. Pengelolaan sepenuhnya di tangani Yayasan Budi Mulia yang berpusat di jalan Gunung Sahari 91 Jakarta.

Perkembangan sekolah ini cukup bagus. Sma Budi Mulia menjadi salah satu SMA favorit di Sumatera Utara. Saat ini berjumlah 19 kelas dengan jumlah murid 910 orang. Muridnya 40 % berasal dari luar kota Pematangsiantar.

Tahun 1958 – 1981 SMA Budi Mulia berlokasi di jalan Sibolga 21. Tahun 1981 – 1993 menempati dua lokasi yakni di jalan Sibolga 21 dan jalan Melanthon Siregar 160. Kedua lokasi ini berjarak 900 meter dan sejak 1994 berada di satu lokasi, yakni jalan Melanthon siregar 160 hingga sekarang. Pematangsiantar adalah kota nomor dua terbesar di Provinsi Sumatera utara. Berada pada ketinggian 400 meter dari permukaan laut.

Beriklim sejuk dengan suhu udara 24-29 derajat celcius. Tetapi pada bulan Mei suhu udara bisa mencapai 31 derajat. Luas Kotamadya Pematangsiantar kira-kira 71 km persegi. berpenduduk 400 ribu jiwa. Penduduknya amat heterogen (Batak Toba, Simalungun, karo, Mandailing, Dairi, Jawa, Minangkabau, Cina, India). Salah satu ciri khas kota ini adalah Becak mesin yang dipakai sebagai angkutan penduduk. Bermesin 300-350 cc. Konon kendaraan ini dipai Jerman pada perang dunia I. Kini nasibnya agak terancam karena kesulitan suku cadang dan semakin kuatnya angkutan kota.

Pematangsiantar berjarak 130 km dari Ibukota Propinsi (Medan) dan 50 km dari kota turis Parapat. Pemkot Pematangsiantar sudah mencanangkan kota ini sebagai kota pendidikan di Prov. Sumatera Utara. Hal ini sangat dimungkinkan karena letak kota ini sangat strategis, udara sejuk, biaya hidup murah, dan juga kesadaran penduduk akan pentingnya pendidikan sangat tinggi. Menjadi tugas pokok Pemkot dan masyarakat adalah meningkatkan pendidik yang bermutu.